Wednesday, February 6, 2013

Berapa raka'at shalat tarawih ? -Tanya jawab Ma'had 16 Mei 2010-

994. Dari bpk Taslim di Pacing: Ustadz, saya mau tanya mengapa shalat tarawih itu berbeda-beda, ada yang 23 raka'at, ada yang 13 raka'at, dan ada juga yang lainnya? Yang benar yang mana ?

Jawab:
Shalat tarawih dan shalat  malam (tahajud) bukanlah dua shalat yang berbeda, sebagaimana pendapat orang awam. Shalat tarawih adalah shalat malam yang dilakukan di bulan Ramadhan. Mengapa disebut shalat tarawih karena orang Salaf ra kalau melakukan shalat ini sehabis dua atau empat raka'at beristirahat dahulu, karena mereka melakukannya dengan bersungguh-sungguh, untuk memperoleh pahala yang besar sesuai dengan Sabda Nabi SAW:

من قام رمضان إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدم من ذنبه

"Barang siapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan maka akan diberi ampunan baginya apa yang telah lalu dari dosanya." HR Bukhari Muslim.

Sedang jumlah raka'atnya, adalah sebelas raka'at. Kami memilih untuk tidak menambah jumlah tersebut karena ittiba' atau mengikuti jejak Rasulullah SAW dan sesungguhnya beliau tidak menambah jumlah itu sampai beliau wafat. 


Hal ini disampaikan oleh Aisyah ra sebagai berikut:
ما كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يزيد في رمضان ولا في غيره على إحدى عشرة ركعة يصلي أربعاً فلا تسال عن حسنهن وطولهن، ثم يصلي أربعاً فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ثم يصلي ثلاثاً

Tidaklah Rasulullah SAW menambah di bulan Ramadhan dan tidak pula di selain Ramadhan atas sebelas raka'at, beliau shalat empat raka'at maka jangan tanya bagusnya dan lamanya, kemudian beliau shalat lagi empat raka'at jangan tanya bagusnya dan lamanya, kemudian beliau shalat tiga raka'at." HR Bukhari Muslim




Wallahu A'lam bish Shawab

No comments:

Post a Comment