Monday, March 11, 2013

Manfaat membaca surat Al-Mulk -Tanya jawab Ma'had 22 Mei 2010-

1015. Dari mbak Devi di Sumberrejo: Ustadz, apakah benar kalau surat Al-Mulk itu dapat menghalangi siksa Qubur ?

Jawab:
Perhatikan yang disebutkan dari sahabat Ibnu Abbas ra:
ضرب بعض اصحاب النبي صلى الله عليه و سلم خبائه على قبر وهو لا يحسب انه قبر فاذا انسان يقرا سورة الملك حتى ختمها فاتى انبي صلى الله عليه و سلم هي المنجية تنجبه من عذاب القبر

Para sahabat nabi pernah membuat tenda di atas kuburan, tapi mereka tidak tahu kalau tempat itu kuburan. Tiba-tiba disitu dia ketemu orang yang sedang membaca surat Al-Mulk sampai sampai selesai. Maka sahabat yang membangun tendanya tadi berkunjung ke Nabi SAW lantas dia memberi kabar tentang hal tadi. Maka sabda Rasulullah SAW: Surat Mulk itu memang penyelamat dari siksa Qubur. Dikutip dari kitab Al-fawaid fish shalaa wal-awaid halaman 6. Dan hadits ini juga disebutkan dalam silsilatul ahaditsish shahihah jilid 3 halaman 132 yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, juga di dalam jilid 2 halaman 147 disebutkan bahwa hadits itu juga diriwayatkan oleh Ibnu Nashr. Dan di dalam kitab Al-Hilyah dari Ibnu Abbas ra, dan lain sebagainya.


Dan diriwayatkan oleh Abu Hurairah dari Nabi SAW:

تبارك ثلاثون اية شفاعة لرجل حتى غفر له

Surat tabarak/Al-Mulk sebanyak 30 ayat, bisa memberi syafa'at bagi seseorang sehingga dia diberi ampunan oleh Allah SWT. HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban dan hadits tersebut shahih. Ini disebutkan juga dalam kitab tuhfatudz dzakirin halaman 420.

Demikian jawabannya, semoga Anda mantab membaca surat Al-Mulk ini.

Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment