Sunday, April 28, 2013

Apakah Allah akan mengampuni dosa berbohong ? -Tanya Jawab Ma'had 22 Mei 2010-

1017. Dari Pak Ayu di Garas Brambang, Kedung Adem: Ustadz, pada tahun 2001 - 2006, saya merantau di Kalimantan. Di sana saya jualan semua jenis burung, dan banyak berbohong. Misalnya tiap orang bertanya: burungnya jantan mas ? Aku jawab: ya. Padahal burung itu betina. Apakah Allah mengampuni dosaku yang banyak bohong tersebut ?

Jawab:
Pak Ayu, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang bersih (nasuha), diiringi dengan penyesalan tentang apa yang pernah Anda perbuat dulu di Kalimantan. Kalau sudah taubat, insya Allah tidak ada dosa, berdasarkan sabda Nabi SAW:
الندم توبة

"Menyesali perbuatan salah itu termasuk taubat." HR Imam Ahmad, Imam Ibnu Majah, dan Imam Al-Hakim dari sahabat Ibnu Mas'ud ra.

Juga riwayat Al-Hakim dan Al-Baihaqi di dalam kitab Syuabul Iman dari sahabat Anas ra.
Dan berdasarkan sabda Nabi SAW:
الندم توبة واتائب من الذنب كمن لا ذنب له

"Menyesali perbuatan salah itu sudah satu bagian dari taubat, dan orang yang mau bertaubat dari dosa seperti orang yang sudah tidak ada dosanya sama sekali."

Dalam Al-Qur'an juga disebutkan dalam surat Al-Furqan ayat 70:
إِلَّا مَن تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا


"Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Demikian Pak Ayu, tidak usah berkecil hati. Asal bertaubat, insya Allah dosanya akan dilebur semuanya.

Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment