Monday, April 29, 2013

Surat yang mesti dibaca pada Shalat Shubuh -Tanya jawab Ma'had 23 Mei 2010-

1021. Dari Bapak Dasir di Prembugan Pekuwon, Sumberrejo: Ustadz, saya sering mendengar waktu shalat shubuh itu, yang dibaca pasti surat Alam nashrah/Al-Inshirah dan surat At-Tin. Apakah kedua surat itu ada dasarnya ? Terima kasih.

Jawab:
Sebenarnya tidak ada dalil yang dijadikan dasar untuk bacaan surat tersebut pada shalat shubuh. Karena Nabi SAW dalam melaksanakan shalat shubuh itu, beliau kadang-kadang membaca surat yang agak panjang.

Awalnya surat Qaf (45 ayat), dan kadang kala beliau membaca surat Al-Waqi'ah (96 ayat), dan beliau membaca 60 ayat lebih. HR Bukhari dan Muslim.

Kemudian suatu ketika beliau membaca surat Al-Zalzalah (8 ayat) pada kedua raka'atnya (membaca surat yang sama dalam 2 raka'at itu). Suatu ketika dalam bepergian beliau membaca surat Al-Falaq dan surat An-Nas. HR Abu Dawud, Ibnu Bashirah, Ibnu Abi Syaibah dan dishahihkan oleh imam Al-Hakim, dan disetujui oleh Adz-Dzahabi.

Kadang-kadang beliau membaca surat yang agak pendek, seperti surat At-Takwir. HR Muslim dan Abu Awanah.

Dan beliau shalat shubuh di hari Jum'at (khusus hari Jum'at), beliau membaca surat As-Sajdah di raka'at pertama dan surat Al-Insan di raka'at kedua. HR Bukhari dan Muslim.

Dan beliau membaca lebih panjang di raka'at pertama dan agak pendek di raka'at kedua. Jadi Rasulullah SAW membiasakan demikian mungkin ada jama'ah yang agak tertinggal jadi bisa mengikuti/mendapat raka'at pertama dan tidak menjadi makmum masbuk. Karena Rasulullah SAW pernah juga ada makmum yang ketinggalan waktu ruku', ruku'-nya diperpanjang oleh Rasulullah.

Jadi sekali lagi, sebagai kesimpulan tidak ada dalil yang mengkhususkan setiap shalat shubuh membaca surat Al-Inshirah dan At-Tin. Yang ada dalilnya adalah khusus shalat shubuh di hari Jum'at.

Wallahu A'lam.

No comments:

Post a Comment