Tuesday, March 11, 2014

Hukum membaca bismillah dalam menyembelih dalam jumlah banyak -Tanya jawab Ma'had 7 Juni 2010-

1065. Dari Pak Dah di Penganten, Bojonegoro: Ustadz, saya mau menyembelih ayam, tentu saja membaca basmalah. Bagaimana kalau ayamnya banyak, apakah tiap ayam membaca basmalah atau sekali basmalah untuk semua ayam ?

Jawab:
Ketahuilah pak Dah, bahwa sebagian ulama berpendapat, bahwa sesungguhnya tasmiyah (membaca bismillah waktu menyembelih itu) hukumnya sunat bagi orang yang sudah beragama islam. Dari antara ulama yang berpendapat begitu dari lingkungan sahabat yaitu Ibnu Abbas ra., dari antara madzhab yaitu madzhab Malik rahimahullah dan satu riwayat dari Imam Ahmad. Mereka memakai dalil dari firman Allah SWT di surat Al-Maidah ayat 3:
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ
Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.

Tetapi menurut dhahirnya Al-Qur’an dan Sunnah Nabi SAW, menyebutkan kewajiban membaca bismillah waktu menyembelih, dan ini dianut oleh sebagian besar ulama. Dasarnya dalam firman Allah SWT:
ولا تأكلوا مما لم يذكر اسم الله عليه وإنه لفسق

Dan janganlah kamu makan dari apa yang disembelih tidak menyebutkan nama Allah.

Maka tidak halal sembelihannya tatkala tasmiyah itu ditinggalkan dengan sengaja, tetapi kalau lupa tidak apa-apa karena orangnya sudah muslim.

Silahkan, ada dua jalur yang bisa Anda pilih, kalau menurut yang pertama tadi, bismillah itu sunah saja walaupun bismillah satu kali untuk semua ayam maka sudah cukup, tapi kalau mengikuti yang kedua waktu menyembelih setiap ayam harus membaca bismillah.

Wallahu A’lam.

No comments:

Post a Comment