Saturday, March 8, 2014

Sesudah bertaubat, kemudian melakukan kesalahan yang sama, apakah Allah akan memberi ampunan lagi ? -Tanya jawab Ma'had 3 Juni 2010-

1054. Dari Mira: Ustadz, saya punya mantan, dia sudah menjadi hamba uang, saya sudah berulang kali mencoba mengingatkan, dan itu yang menjadikan salah satu masalah kami putus. Aku ingin dia sadar, tapi aku tidak tahu bagaimana lagi caranya. Apakah orang yang telah berusaha bertaubat, tapi suatu ketika ia melakukan kesalahan yang sama, apakah Allah akan memberi pengampunannya lagi ?

Jawab:
Saudari Mira, Anda jangan merasa putus asa dari rahmat Allah.

Allah SWT berfirman dalam QS Yusuf 87:
وَلَا تَيْأَسُوا مِن رَّوْحِ اللَّهِ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِن رَّوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ
dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir"

Jadi walaupun sudah berulang-ulang, tetapi ternyata belum berhasil, jangan putus asa sampai Anda berhasil yang lebih baik. Kemudian kalau sudah benar-benar tidak bisa kembali, anggaplah itu belum jodoh Anda.

Kemudian tentang orang yang bertaubat tadi, boleh untuk memperbaharui taubatnya supaya Allah menerima taubatnya. Asal mengulangnya tidak disengaja dan bertaubatnya dengan sungguh-sungguh (taubat Nasuha).  In sya Allah akan diterima taubatnya oleh Allah asal tidak disengaja untuk pelecehan.

Wallahu a’lam.

No comments:

Post a Comment