Wednesday, January 9, 2013

Doa supaya orang mencintai kita -Tanya jawab Ma'had 17 April 2010-

862. Dari bpk Taslim di Pacing: 1. Saya punya adik laki-laki bernama Lasmin. Adik saya itu keras kepala, kalau bicara selalu keras dan tidak mau dinasihati. Apa karena nama baik, apa artinya dan apa perlu diubah namanya supaya adik saya menjadi anak yang baik? 2. Apa artinya surat Mumtahanah, karena sampai sekarang gadis yang saya cinta belum mencintai saya, padahal saya sering membacanya, tapi bukan cinta malah ia benci kepadaku ? Mohon penjelasan.

Jawab:
1. Didiklah saudara Anda yang keras kepala tadi dengan pendidikan islami. Insya Allah dengan pendidikan islam adik anda tadi akan menjadi adik yang baik. Sedangkan arti Lasmin sendiri dari kata lasama yang artinya tukang mencicipi. Dan soal apakah perlu diubah namanya atau tidak itu terserah Anda.

2. Arti dari surat Mumtahanah:7 yaitu:
"Mudah-mudahan Allah menjadikan antara kamu dan antara orang-orang yang memusuhi kamu dari antara mereka itu rasa cinta kasih. Allah itu Maha Kuasa. Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Jadi artinya sudah betul untuk yang benci supaya menjadi cinta kasih. Ada pun tidak dikabulkan Anda berdoa itu karena beberapa sebab, antara lain:

- Bahwa Anda tidak begitu yakin tentang yang anda baca itu. Buktinya Anda tidak yakin karena Anda tidak mengerti artinya. Hati Anda lalai karena tidak mengerti artinya, jadi hanya umik-umik saja. Padahal Rasulullah SAW bersabda:

القلوب اوعية و بعضها اوعى من بعض  فاذا سالتم الله تعالئ ايها الناس فاسالوه و انتم موقنون بالاجابة فان الله لا يستجيب لعبد دعاه عن ظهر قلب غافل 

"Hati manusia itu bisa mewadahi, sebagian hati itu lebih bisa mewadahi daripada sebagian yang lain. Maka apabila kamu meminta kepada Allah SWT, maka mohonlah kepada Allah dan kamu yakin betul untuk dikabulkan. Tetapi Allah tidak akan mengabulkan kepada seorang hamba yang memohon kepadanya dari luar hatinya yang lalai itu." HR Imam Ahmad dan Ibnu Umar dan At-Tirmidzi dan Hakim dari Abu Hurairah ra.

- Anda tergesa-gesa, Anda berkata sudah berdoa setiap selesai shalat, tapi kenapa koq doaku tidak dikabulkan. Padahal terdapat dalam hadits shahih Bukhari Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Akan dikabulkan untuk seseorang di antara kamu dalam berdoa selagi tidak tergesa-gesa". Apa artinya tergesa-gesa itu? Dia berkata: "Aku sudah berdoa koq belum dikabulkan"
Dan juga hadits semisal dari Imam Ahmad dari haditsnya Anas.

- Anda termasuk bohong/dusta. Buktinya pertanyaan Anda tadi di nomer 859 bahwa Anda sudah punya istri di Jawa Tengah, di sini Anda mencintai wanita lain.

- dan masih banyak lagi kemungkinannya

Sebab doa itu bisa dikabulkan kalau syarat-syarat berdoa dipenuhi.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment