Monday, January 7, 2013

Dosakah tidak menceraikan istri karena sudah lama pisah? -Tanya jawab Ma'had 17 April 2010-

859. Dari Bpk Taslim di Pacing, Sukosewu: Ustadz, apakah saya berdosa tidak menceraikan istri saya karena saya sudah lama pisah (ada satu setengah tahun), saya di Jawa Timur karena kecelakaan dan istri saya di Jawa Tengah, dan saya belum sembuh betul, jalan pun masih pakai tongkat. Dan bagaimana hukumnya yang saya lakukan tersebut? Mohon penjelasan.

Jawab:
Apabila istri Anda itu rela berpisah karena Anda sakit, walaupun satu setengah tahun, maka Anda tidak berdosa apa-apa walaupun tidak menceraikan. Dan Anda tidak termasuk laki-laki yang di sebut dayyut, karena istri Anda tadi adalah seorang muslimah yang shalihah.

Tetapi kalau istri Anda tidak shalihah, misalnya istri Anda itu selingkuh, maka Anda harus ceraikan. Sebab kalau tidak Anda menjadi dayyut itu tadi yang merupakan calon penghuni neraka, sudah tahu istrinya selingkuh, koq dibiarkan saja.

Wallahu A'lam.

No comments:

Post a Comment