Sunday, January 13, 2013

Tentang beberapa kepandaian/keahlian manusia berhubungan dengan yang ghaib -Tanya jawab Ma'had 18 April 2010-

863. Dari sdr Ima di Sumberrejo: Ustadz, apakah benar Allah memberikan kepandaian kepada manusia, misalnya orang itu bisa menyebutkan ayat Al-Qur'an dalam surat apa dan ayat berapa, padahal dia itu tidak hafal Al-Qur'an, dan dia bisa melihat jin, menemukan barang yang hilang, menyembuhkan orang sakit, dan lain-lain. Benarkah itu Ustadz, atau dia itu bersahabat dengan Jin?

Jawab:
Anda jangan heran pada orang yang mengetahui tempat ayat-ayat Qur'an, surat apa ayat berapa, karena dalam hal itu sudah terdapat beberapa kitab yang menjadi petunjuk dan membimbing, misalnya kitab Fathur Rahman bagi orang yang mencari ayat-ayat Qur'an.

Ada pun yang ditanyakan apa dia bisa melihat Jin, kalau yang dimaksud melihat Jin dalam bentuk aslinya, maka tidak bisa. Sesuai Firman Allah SWT di surat Al-A'raf: 27

إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ

"Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. "

Kalau melihat bentuk Jin itu membo/menyerupai, misalnya menyerupai anjing hitam, menyerupai ular, menyerupai makhluk yang menakutkan genderuwo, itu bisa. Tetapi kalau melihat aslinya tidak bisa.

Ada pun mengetahui barang yang hilang, menerka itu di sana atau di sana itu termasuk kahanah/meramal yang menurut syara' tidak boleh.

Ada pun penyembuhan orang yang sedang sakit, maka hal itu hal yang tidak mustahil, apabila sesuai obatnya itu dengan penyakitnya. Apakah itu obat secara medis atau traditional atau dengan doa rukyah misalnya. Sabda Nabi SAW:
"Berobatlah kamu wahai hamba Allah, maka sesungguhnya Allah tidak meletakkan suatu penyakit melainkan Allah juga meletakkan bagi penyakit itu obatnya, selain penyakit yang satu yaitu penyakit pikun." Hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa'i dan At-Tirmidzi dan Al-Hakim dari Usamah bin Suraiq.

Tentang apakah orang itu bersahabat dengan Jin, saya tidak bisa mengetahui seperti itu, karena saya tidak kenal orangnya dan saya tidak mau menerka-nerka. Ada memang orang yang menjadi teman Jin itu, dulu di sini malah ada pak kyai Bahar yang punya banyak teman Jin.

No comments:

Post a Comment