Friday, January 4, 2013

Hukum mendoakan anak di shalat tahajud -Tanya jawab Ma'had 14 April 2010-

851. Dari pak Dasir di Prembugan, Pekuwon: Ustadz, saya sering shalat tahajud. Di sela-sela shalat tahajud itu saya selalu mendoakan anak-anak saya supaya mendapatkan derajat yang tinggi. Umpamanya boleh apa tidak dan apakah benar doanya shalat tahajud itu makbul, dan bagaimana hukumnya ?

Jawab:
Betul, patut sekali bagi anda selalu berdoa untuk putra-putranya saat shalat tahajud maupun di lain shalat tahajud, misalnya sehabis shalat lima waktu. Dan Allah akan mengabulkan doa anda, apabila anda memenuhi syarat-syaratnya orang berdoa. Dan berdoa seperti itu untuk anak adalah sunat.

Doa untuk anak ini diberi contoh oleh Allah antara lain sebagai berikut:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

"Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (Al-Furqan:74)





رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي

"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku." (Al-Ahqaf:15)


No comments:

Post a Comment