Wednesday, January 9, 2013

Nabi Sulaiman memerintah jin, apakah termasuk syirik ? -Tanya jawab Ma'had 17 April 2010-

860. Dari sdr. Andri, SMP Muhammadiyah Soko, Tuban: Ustadz, Nabi Sulaiman SAW memerintahkan jin dan tunduk kepadanya, apa tidak termasuk musyrik ?

Jawab:
Sdr. Andri, perhatikan firman Allah SWT di surat Shad:35-40 yang artinya:
"Ia berkata: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi. Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut ke mana saja yang dikehendakinya. Dan (Kami tundukkan pula kepadanya) syaitan-syaitan semuanya ahli bangunan dan penyelam. dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu. Inilah anugerah Kami; maka berikanlah (kepada orang lain) atau tahanlah (untuk dirimu sendiri) dengan tiada pertangungan jawab. Dan sesungguhnya dia mempunyai kedudukan yang dekat pada sisi Kami dan tempat kembali yang baik."

Jadi Nabi Sulaiman tidak syirik, karena beliau berdoa kepada Allah (tidak meminta tolong kepada syaitan/jin) dan dikabulkan , sehingga syaitan-syaitan dan jin-jin ditundukkan oleh Allah kepada beliau dan bekerja untuk beliau, dan itu merupakan mu'jizat beliau sesuai ayat di atas.

No comments:

Post a Comment