Wednesday, February 6, 2013

Allah SWT turun ke bumi pada sepertiga malam ? -Tanya jawab Ma'had 16 Mei 2010-

993. Dari sdr Regan di Penganten, Balen: Ustadz, katanya setiap setiap sepertiga malam Allah SWT turun ke bumi. Sebagai seorang muslim, apa yang harus saya lakukan ?

Jawab:
Telah terdapat dalam kitab Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Hurairah ra dari Nabi Muhammad SAW bersabda:
ينزل ربنا إلى السماء الدنيا كل ليلة حين يبقى ثلث الليل الآخر فينادي فيقول: من يدعوني فأستجيب له، من يسألني فأعطيه، من يستغفرني فأغفر له

Tuhan kita turun setiap malam ke langit bumi yang paling bawah, tatkala masih tersisa sepertiga malam yang akhir, Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan baginya, dan siapa memohon kepada-Ku maka Aku akan memberinya dan siapa saja yang memohon ampunan kepada-Ku maka Aku akan memberikan ampunan baginya.

Dan dari Amar bin 'Absah sesungguhnya dia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda:
‏ ‏أقرب ما يكون الرب من العبد في جوف الليل الآخر فإن استطعت أن تكون ممن يذكر الله في تلك الساعة فكن

Yang paling dekat pada Tuhan dari seseorang hamba-Nya itu di waktu malam yang akhir, maka jika kamu mampu menjadi orang yang berdzikir kepada Allah, maka laksanakanlah. HR At-Tirmidzi yang menyatakan kalau hadits ini hasan shahih dan juga dishahihkan oleh Imam Hakim dan Imam Muslim.

Memang benar itu tertera dalam shahih Bukhari  bahwa Allah turun ke langit bumi yang paling bawah (bukan ke bumi).

Di sini ada 3 hal yang bisa kita lakukan:
1. Berdoa kepada Allah
2. Meminta kepada Allah
3. Memohon ampun kepada Allah

Karena sepertiga malam yang terakhir ini termasuk maqam istijabah. Dan sebelum melakukan ketiga hal di atas sebaiknya kita melakukan shalat Tahajud terlebih dahulu.

Wallahu A'lam bish Shawab

No comments:

Post a Comment