Tuesday, February 5, 2013

Benarkah kapal Nabi Nuh muncul ? -Tanya jawab Ma'had 13 Mei 2010-

987. Dari bpk Muhammad Ngadnan di Garas Brambang: Ustadz, ada berita bahwa kapal Nabi Nuh muncul, apa itu benar ? Mohon penjelasannya.

Jawab:
Allah berfirman di Surat Hujurat:6
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu."

Kalau ada berita seperti itu mesti kita cek dahulu, apakah betul atau tidak. Biasanya kalau ada berita seperti itu ahli-ahli sudah akan berkumpul untuk menelitinya. Nanti dari hasil penelitian itu baru kita bisa menyatakan betul kapalnya Nabi Nuh atau tidak, itu yang namanya Tabayyun.
Seperti di Bojonegoro saja, ada perahu yang ditemukan di Bengawan Solo, ternyata itu kapal zaman Majapahit dulu. Itu setelah diteliti betul-betul oleh para ahlinya dengan melihat tanda-tandanya peninggalan Majapahit.

Jadi tegasnya, sebelum suatu kabar itu jelas, jangan dipercaya dulu.

Wallahu A'lam


No comments:

Post a Comment