Saturday, March 15, 2014

Apa maksud mencintai seseorang karena Allah -Tanya jawab Ma'had 9 Juni 2010-

1072. Dari Ofa di Sarangan, Kanor: Ustadz, apa yang dimaksud dengan mencintai seseorang karena Allah, terima kasih atas penjelasannya.

Jawab:
Perhatikan kata Imam Sofyan At-Turi ini:
Apabila sampai berita kepadamu, tentang seorang apakah itu dari timur atau barat, bahwa orang itu ahli sunnah, maka kirimlah salam kepadanya, doakan orang itu supaya bisa mengikuti sunnah yang didapatkan tadi. Karena ahli sunnah di dalam umat ini sangat sedikit. Termasuk hak dari saudaramu, hendaklah kamu mencintainya karena Allah. Dan cinta karena Allah dan semata-mata karena Allah itu termasuk sekokoh-kokoh ikatan iman.

Imam Abu Daud meriwayatkan dari haditsnya sahabat Abi Umamah dengan sanad yang shahih, bahwa sesungguhnya Nabi SAW bersabda:
Barang siapa yang cinta karena Allah, bukan karena satu kelompoknya, juga tidak karena satu guru, tidak juga karena sejalan dengan dia, juga tidak karena satu bendera, dan juga bukan karena kedudukan orang itu, dan bukan orang yang punya kekayaan besar dalam urusan dunia. Barang siapa yang mencintai seseorang karena Allah dan membenci seseorang karena Allah, tidak karena pertalian apa pun, maka orang yang seperti itulah sudah menjadikan sempurna imannya.

Wallahu A’lam.

No comments:

Post a Comment